Cara Menjaga Kesehatan Paru-paru

Cara Menjaga Kesehatan Paru-paru untuk Hidup Lebih Bahagia

  • No Comments

Paru-paru menjadi salah satu alat vital yang dimiliki oleh manusia. Organ tubuh ini tidak hanya berfungsi untuk memperlancar proses pernafasan. Namun, mempunyai tanggung jawab yang lebih besar untuk kesehatan badan. Seperti yang sudah diketahui bahwasannya sehat bukan hanya masalah satu atau dua bagian pada tubuh. Melainkan keseluruhan yang ada pada diri manusia harus dipastikan aman dari berbagai hal yang bisa membuatnya tidak berfungsi dengan baik. Disisi lain, tidak semua orang mulai memahami akan pentingnya menjaga kesehatan.

Kondisi ini semakin diperparah dengan penggunaan energi buatan yang tidak terkendali. Sekali lagi pola hidup sehat termasuk sebagai kunci utama seseorang dalam menjaga kesehatan. Tubuh membutuhkan asupan yang tepat. Misalnya saja, karbohidrat, protein, lemak, kalsium, vitamin, dan gizi lain dengan porsi yang sesuai. Selain itu, lakukan kegiatan fisik secara teratur. Contoh, olah raga lari selama 30 menit setiap pagi. Anda tidak perlu memaksakan kehendak. Cukup lakukan semampunya, dan pastikan badan bergerak.

Pembicaraan ini terdengar sepele dan semua orang bisa melakukannya dengan teratur. Sayangnya, karena berbagai alasan banyak yang tidak menyempatkan diri. Apalagi di era modern hampir semua dituntut bergerak cepat. Ketika syarat itu tidak dapat dipenuhi bersiaplah tersingkir dari dunia pekerjaan. Tidak berhenti disini, kendala lain yang sering terjadi ialah menuruti keinginan secara berlebih. Contohnya saja, kebiasaan merokok.

Rokok mengandung nikotin dan hampir semua orang mengetahui bahwa kandungan tersebut tidak baik untuk kesehatan. Mereka tahu mengenai fakta itu. Sayangnya dalam kenyataan masih banyak orang yang tidak bisa menghentikan kebiasaan buruk ini. Padahal jika ditilik ke belakang dampak negatif rokok membuat objek terbunuh secara perlahan. Seperti, kerusakan pada paru-paru, dan jantung. Berikut penyebab lain yang membuat kesehatan menurun:

  • Alkohol

Minuman yang berasal dari fermentasi anggur dan beras ini tidak asing untuk masyarakat. Terutama laki-laki. Di dunia luar alkohol sudah menjadi kebiasaan untuk menghangatkan tubuh mereka dari cuaca dingin. Namun, bukan berarti kondisi bisa ditolerir oleh tubuh. Bagaimanapun sistem organ tubuh tidak bisa menerima zat alkohol secara berlebihan. Sedangkan di Indonesia alkohol dijadikan sebagai pelampiasan. Jelas, kejadian seperti ini tidak hanya membahayakan kesehatan. Tetapi orang lain yang berada disekitar Anda.

  • Merokok

Sebenarnya dampak buruk rokok sudah didemokan secara terbuka. Bahkan pembungkusnya sudah diperingatkan bahwa produk itu akan membuat organ dalam tubuh mengalami kerusakan. Kenyataannya tetap saja rokok menjadi teman setia yang tidak jarang membuat orang kecanduan.

  • Life Style

Gaya hidup zaman modern sangat berbeda dengan era dulu. Dimana semua butuh proses. Sekarang teknologi super canggih bermunculan membuat ruang gerak manusia dimanjakan. Misalnya, kebiasaan naik kendaraan.

Tubuh manusia tersusun oleh berbagai organ yang saling terkait atau sering disebut sistem. Ketika salah satu bagiannya mengalami kerusakan tentu akan berdampak pada elemen lain. Inilah kondisi yang membuat seseorang mempunyai penyakit komplikasi. Anda tidak perlu menutup mata dan terus-terusan mengikuti kebiasaan buruk yang akan berakibat fatal.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan, terutama paru-paru. Anda bisa memulai dari hal-hal kecil. Seperti, mulai membiasakan diri tanpa rokok. Tuntut diri untuk berolah raga. Setidaknya berlari kecil atau jalan kaki mengitari komplek rumah. Selanjutnya, makan makanan yang benar sekaligus bergizi. Kembali pada pola hidup sehat, dan terakhir jaga pola pikir agar tetap positif. Semoga bermanfaat.

About Author

shares